Jumat, 17 Maret 2017


Cita-cita saya adalah menjadi seoran Polwan. Keinginan ini muncul atas kehendak dari diri saya sendiri karena saya ingin merubah citra seorang polisi dimata masyarakat, dimana mereka menilai profesi polisi merupakan profesi “kotor” yang identik dengan suap menyuap dalam melaksanakan tugasnya. Orang yang saya mintai pertimbangan dan nasehat tentunya adalah Ayah dan Mama saya karena merekalah dua orang yang paling berperan dalam hidup saya. Selain mereka orang-orang yang selalu memberikan arahan adalah kakak, sepupu-sepupu dan paman saya yang berprofesi sebagai polisi, dan teman-teman terdekat saya. Namun apabila nantinya saya tidak mampu atau tidak memenuhi kriteria maka saya akan beralih ke plan B yaitu menjadi dosen. Alasan memilih dosen menjadi pilihan kedua saya karena profesi dosen merupakan last choice apabila saya tidak mampu mencapai cita-cita utama saya.
a. Tugas Polwan :
Melindungi masyarakat agar tetap aman didalam negaranya sendiri.
Mengayomi masyarakat dengan berusaha memberikan contoh atau menjadi panutan agar masyarakat menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.
Melayani masyarakat dengan mengerahkan tenaga semaksimal mungkin dengan mengerahkan tenaga semaksimal mungkin dan sebaik mungkin agar bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia.
b. Tugas Dosen :
Menciptakan suasana proses pembelajaran yang memotivasi.
Melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
Merencanakan, melaksanakan, proses pembelajaran, serta menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran.
a. Persyaratan menjadi Polwan :
WNI
Tinggi 160 cm
Sehat jasmani dan rohani
Kuat fisik (dibuktikan dengan lolos tes kesamaptaan)
Tidak pernah melakukan tindakan kriminal (dibuktikan dengan SKCK)
Tidak memiliki penyakit yang serius
Nilai rapot terakhir harus lebih dari standar yang telah ditentukan
Mendapat persetujuan orang tua
b. Persyaratan menjadi Dosen :
Lulusan S2 dan S3
Berkompeten dalam bidangnya
Berusia max.35 tahun
Memiliki nilai TOEFL lebih dari 500
Adapun persyaratan menjadi polwan yang sudah saya miliki adalah WNI, sehat jasmani dan rohani, fisik (push up, sit up, back up, renang, dan lari), dsb. Salah satu persyaratan yang masih saya ragukan adalah tinggi badan saya yang tahun lalu hanya 161 cm (dalam polwan sistem potong tinggi badan 2 cm) sehingga kurang 1 cm. Usaha yang perlu saya lakukan untuk mempersiapkan segalanya terutama masalah tinggi badan adalah rajin berolahraga terutama renang. Sedangkan persyaratan untuk menjadi dosen saya belum memenuhi karena umur saya yang masih 18 tahun (semester 2) namun untuk kedepannya saya berusaha semaksimal mungkin untuk melengkapi persyaratan atau kriteria menjadi seorang dosen.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar